Gary Kildall, Sang Pembuat OS PC Pertama

§

DOS Prompt

Mungkin kisah ini jarang diangkat ke permukaan, tentang siapa sebenarnya yang membuat OS pertama untuk Personal Computer (PC).

Seorang Gary Arlen Kildall, sang pemberi jalan dari kebingungan yang dialami IBM (International Business Machine), kala mereka berhasil membuat PC nya yang pertama. Tak lain ini karena menyangkut “nyawa” Operating System (OS), yang seharusnya menempel dalam PC tersebut. Selain itu, dia adalah sahabat kental sekaligus jadi idola Gates.

Gary Arlen Kildall Lahir: 19 Mei 1942 Wafat: 11 Juli 1994

Gary Kildall meninggal bulan Juli tahun 1994, akibat serangan jantung saat ia sedang bersama teman-temannya disebuah restoran di California. Meski sempat dua kali masuk rumah sakit namun akhirnya  ia meninggal dunia tiga hari kemudian di RS Monterey Peninsula, California.

Gary dianggap sebagai salah satu sosok penting dalam percaturan komputer dunia. Setiap pemilik PC, pasti akan berterima kasih dengan hadirnya Gary dalam dunia ini. Bisa jadi tanpa kehadirannya, PC-PC yang ada saat ini hanyalah akan menjadi onggokkan perangkat keras yang tak bisa berbuat banyak, karena tak memiliki nyawa yakni OS.

Tak kurang, pengakuan itu juga datang dari bosnya Microsoft Bill Gates, yang menyatakan tak ada yang lebih hebat seperti yang pernah dimiliki MS yakni seorang Gary Kildall. Gary adalah orang pertama yang memasukkan sistem disk ke microcomputer, dengan membuatkan OS untuk itu. Dia benar-benar merubah apa yang sebelumnya telah dihadirkan, yakni disain circuit untuk proses kontrol sebuah aplikasi dengan memfungsikan secara penuh dalam sebuah komputer.

Bahkan dengan jasanya tersebut sebuah komputer menjadi mampu melakukan tugas-tugas berat dengan lebih dari satu perintah. Baik untuk minicomputer maupun mainframes. Atas hasil karyanya itu, dunia, sepertinya benar-benar dibuatnya berubah.

Basic pendidikan Gary memang sangat memungkinkannya menelorkan ide dan hasil karyanya menjadi yang terbaik. Karena laki-laki yang meraih gelar Ph.D. pada bidang ilmu komputer dari University of Washington pada tahun 1972 itu, telah berhasil meyakinkan pihak IBM hingga kemudian bergabung dengan Microsoft, yang terbukti dimana kedua perusahaan itu akhirnya menjadi raksasa komputer yang amat ditakuti dunia.

Gary Kildall dengan komputernya

Gary bersama mesin PC Altair8800

Setelah menyabet gelar Ph.D. nya, Gary memang tidak langsung bergabung dengan pabrik hardware maupun software komputer, tapi malah bergambung dengan Angkatan Laut AS, yang dipercaya menangani komputerisasi di armada AL terbesar di dunia itu. Ada pertanyaan unik, apakah seorang penghasil OS top dunia musti lahir di Seattle? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Namun, kenyataannya, dua orang top dunia dalam bidang OS, yakni Gary sendiri dan Gates adalah kelahiran Seattle.

Seperti halnya Gates, Gary, memiliki kesabaran yang cukup tinggi terhadap komputer. Betapapun keduanya tetap memiliki perbedaan, yang berarti keduanya tak bisa dibilang sebagai “pinang dibelah dua”. Lantas, dimana letak perbedannya? Tentu saja masalah background pendidikan, karena Gary mampu menyelesaikan semua tugasnya belajarnya dengan baik hingga lulus. Sedangkan Gates, gelar Sarjana Muda pun tak berhasil diraihnya.

Dan memang keduanya juga memilki selisih masa pendidikan, karena saat Gary sudah duduk di bangku kuliah, Gates masih duduk di bangku SMU. Namun hebatnya, keduanya (dengan selisih masa pendidikan) bisa bekerja pada tempat kerja yang sama yakni DEC PDP-10 computer system.

Kecantol IBM

Tapi sebelum berpanjang kata, bagaimana sebenarnya kiprah awal Gary bisa kecantol IBM yang kemudian menjadi “pahlawan” bagi raksasa komputer itu, terutama demi melawan Apple, yang sudah gembar-gembor bisa membuat komputer yang bisa dimasukkan dalam sebuah kamar. Awalnya begini, ketika IBM merencanakan untuk membuat komputer IBM PCnya, IBM membutuhkan sebuah operating system (OS). Namun IBM benar-benar bingung, siapa yang mampu dan bakal bisa mengisi “jiwa” OS dari komputer yang akan dibuatnya itu? Rupanya takdir membuat IBM bertemu dengan Gary Kildall dan Bill Gates (sudah memiliki tim programer). Itu berarti, IBM punya dua kandidat hebat agar komputernya bisa terisi OS, yakni Gary dan Gates.

Terjadi salah pengertian, karena IBM mengira Bill Gates (Microsoft) telah memiliki OS, padahal Microsoft kala itu hanya memiliki programming language (Basic). Maka, akhirnya, Bill Gates mengirimkan rombongan IBM ke tempat Gary Kildall.

Tampilan OS CP/M-86 diatas mesin PC Commodore B Series

Setelah semuanya beres, terjadi non disclosure agreement yang sangat memberatkan dan sebagainya. Hingga kemudian kerjasama Gary dan IBM kandas di tengah jalan. Inilah yang aneh, karena akhirnya IBM memilih Microsoft (setelah Microsoft membeli sebuah OS lain). Namun, IBM menemukan 300 Bugs dari OS yang ditawarkan Bill Gates dkk itu, hingga akhirnya mereka kembali kepada Gary yang gabung dengan DRI (perusahaan pembuat OS yang didirikan oleh Gary) dan berhasil membuat OS CP/M-86, semantara IBM menggunakan DOS Version 1.0, namun ternyata DOS Version 1.0 juga banyak mengandung bug hingga kemudian digabung dengan CP/M-86, sampai menghasilkan OS yang multitasking dan windowing.

Microsoft Belajar dari Gary

Melihat besarnya Microsoft, tak terbayangkan kalau sebelumnya mereka harus belajar penuh terhadap keberhasilan yang diraih oleh Gary, DRI dan Apple (dengan Mac GUI), yang terbukti berhasil membuat OS-OS handal untuk PC kala itu.

Saat Windows masih belum mencapai versi 3.0, Microsoft benar-benar belum diperhitungkan oleh kalangan komputer dunia, karena mereka masih belum bisa menghilangkan kekurangan-kekurangan yang dimiliki, selain juga dalam OS nya juga masih menggunakan DOS, yang notabene bukan hasil karya mereka sendiri. Kelemahannya lagi, OS yang digunakan oleh Microsoft itu belum mampu multitasking.

Baru pada musim semi 1990, Microsoft dengan bangga mengumumkan peluncuran Windows 3.0, yang sudah memiliki kemampuan berlebih, selain kemampuan multitasking-nya, juga makin sedikitnya bug yang dikandung serta icon-icon menawan yang bisa merayu para user. Semua kehebatan itu, jelas hasil pembelajaran yang dilakukan MS terhadap Gary, DRI dan Apple, yang terlebih dahulu mampu melakukannya.

Prestasi Hidupnya

Dari kisah yang telah dialami oleh Gary, nampak kalau laki-laki berkacamata ini memang tidak main-main saat memilki kemampuan. Lihat saja apa yang telah ia lakukan dan ciptakan (daftar bawah), dimana hampir dominan yang namanya bagian-bagian dalam tubuh komputer yang mampu diciptanya.

  • Dia adalah yang memperkenalkan operating systems (OS) dengan kemampuan kapabilitas multitasking dan windowing serta menu-drive user interfaces.
  • Lepas dari DRI, dia membuat disket pertama dengan track buffering schemes, yang dapat membaca algoritma, file directory, dan RAM disk emulators. Pada tahun 1980, dia memperkenalkan sebuah binary recompiler.
  • Kildall dinobatkan sebagai programming language untuk OS yang pertama dan penulis compiler khusus untuk microprocessor.
  • Gary berhasil membuat microprocessor disk operating system yang pertama, yang kemudian sukses dijual jutaan kopi. Selepas itu, ia berhasil membuat interface pertama komputer untuk video disk dengan kemampuan automatic nonlinear playback, yang kelak dikenal sebagai multimedia interaktif.
  • Berhasil pula dikembangkannya file system dan struktur data untuk CD-ROM. Prestasi lainnya, Dia menciptakan arsitekstur open-system melalui pemisahan system-specific hardware interface yang diset pada BIOS biasa, hal itu memungkinkan adanya industri software third-party.

Daftar hasil karya yang diciptakannya itu jelas bukan karya yang main-main, karena hampir semua aspek kebutuhan komputer modern telah diraupnya. Dan tak berlebihan kiranya kalau kita menjulukinya sebagai sang “cikal bakal” komputer modern.*

XAT

4 Responses to Gary Kildall, Sang Pembuat OS PC Pertama

  1. rizky says:

    gue pengen seperti garry….top abiz.

  2. Ping-balik: Gary Kildall Pencipta OS Pertama « EDU[s]TALKING™

  3. Ping-balik: Gary Kildall Pencipta OS Pertama

  4. Ping-balik: Berkenalan dengan Pencipta OS Pertama | SMK AL HADI BANDUNG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: